Ilmu Pendidikan (Ringkasan) - Belajar dan Pembelajaran

Belajar dan Pembelajaran
  • Menurut Bruner, Belajar adalah suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru diluar informasi yang diberikan kepada dirinya.
  • Sementara pembelajaran adalah siswa belajar melalui keterlibatan aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam memecahkan masalah dan guru berfungsi sebagai motivator.
A. Model-model Pembelajaran
  • Pemilihan model pembelajaran disesuaikan dengan jenis materi, karakteristik , situasi, dan kondisi tempat pembelajaran berlangsung. Diperlukan kreatifitas guru dalam memilih model pembelajaran yang ada agar dapat membangkit siswa untuk belajar.
  • Faktor-faktor  yang mempengaruhi pemilihan model pembelajaran :
      Tujuan pembelajaran
      Peserta didik
      Guru
      Fasilitas
      Situasi

B. Contoh model-model Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran Jigsaw
            Dikembangkan oleh Aronson, Blaney, Stephen, Sikes & Snapp pada tahun 1978, langkah-langkahnya sebagai berikut :
-          Siswa dibagi beberapa kelompok
-          Masing-masing siswa diberikan satu tema berbeda
-          Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru untuk mendiskusikan sub bab mereka
-          Setelah selesai kembali ke kelompok asal dan mengajar teman satu tim mereka
-          Tiap tim mempresentasikan hasil diskusi
-          Guru memberi evaluasi
-          Penutup.
2. Model Pembelajaran Mind Maping
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
-          Guru menyampaikan indikator hasil belajar
-          Guru mengungkapkan konsep yang akan ditanggapi oleh siswa
-          Bentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
-          Tiap kelompok mencatat alternative jawaban hasil diskusi
-          Tiap kelompok membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan serta mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
-          Dari data dipapan tulis, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberikan bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
3. Model Pembelajaran Pikir Bareng dan Berbagi (Think Pair and Share) oleh Frank Lywan 1985, langkah-langkahnya adalah sebagi berikut :
  • Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi
  • Siswa diminta berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
  • Siswa diminta berpasangan (1 kelompok = dua orang)
  • Guru memimpin diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil
  • Guru memberikan kesimpulan
  • Penutup.
4. Model Pembelajaran Picture and Picture
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menyajikan materi sebagai pengantar
  • Guru menunjukan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi
  • Guru meminta peserta didik untuk mengurutkan gambar-gambar tersebut menjadi urutan logis
  • Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar kepada peserta didik
  • Dari alasan tersebut guru menanamkan konsep sesuai kompetensi
  • Kesimpulan.
5. Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil
Langkah-langkahnya adalah :
  • Pilih materi dan bagi menjadi sub-materi
  • Guru membentuk kelompok sesuai jumlah sub-materi
  • Tiap kelompok mempelajari materi dengan salah satu temannya sebagai tutor
  • Setiap kelompok melalui wakilnya menyampaikan sub-materi sesuai dengan tugas yang telah diberikan
  • Kesimpulan.
Referensi
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Jakarta Rineka Cipta. 2006
Saminanto. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang. RaSAIL Media Group. 2010





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Peradaban Islam (Makalah) Masa Rasulullah Saw.

Abstrak Sejarah Pendidikan Islam

Resume Buku : Guru Berkarakter Guru Profesional Masa Depan - Cucu Suryanto