MAKALAH SEJARAH PERADABAN ISLAM PERADABAN ISLAM PADA MASA NABI MUHAMMAD SAW. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Dosen Pengampu : Prof. Dr. Mansur M.Ag. Disusun Oleh Kelompok 3 : ALIF 111-13-029 AIDA DWI R. 111-13-042 LUTHFI HANIFAH 111-13-032 NGUMDATUL QORRI’ 111-13-031 JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA 2014 Daftar Isi Halaman Judul .......................................................................................................................... i Lembar Daftar Isi .................................................................................................................... ii Kata Pengantar ....................................................................................................................... iii BAB I PENDAHUL
Sejarah pendidikan Islam adalah keterangan mengenai perkembangan pendidikan Islam dari waktu kewaktu, baik dari segi konsepsi maupun segi institusi operasional sejak dari zaman Nabi Muhammad SAW. Metode yang ditempuh adalah metode deskriptif, metode komparatif, dan metode analisis-sintesis. Kegunaan sejarah pendidikan Islam yang bersifat umum sebagai perbendaharaan ilmu, sekaligus juga menumbuhkan perspektif baru daam rangka relevansi pendidikan Islam. Periodesasinya terbagi menjadi tiga masa, masa klasik (650-1250 M), masa pertengahan (1250-1800 M), dan masa modern (1800-sekarang). Pembinaan pendidikan Islam terbai menjadi dua periode, periode Mekah dan periode Madinah. Pada fase Mekah, dilalui dengan menyeru serta mengajak dengan cara verbalisme (ucapan) adapun pendidikan yang diberikan ditekankan kepada pendidikan tauhid dan akhlak. Dan fase Madinah, pendidikan ukhuwah, kesejahteraan sosial, dan kesejahteraan keluarga. Dalam pertumbuhannya Islam melalui dua masa, yaitu fase Me
GURU BERKARAKTER Guru Profesional Masa Depan Identitas Buku Judul : Guru Berkarakter Guru Profesional Masa Depan Penulis : Cucu Suryanto Penerbit : CV. Farishma Indonesia: Mei 2014 vi + 142 14.5 x 20.5 cm Sukoharjo Pembangunan karakter ( character building ) menjadi isu positif yang sedang diperjuangkan oleh bangsa Indonesia. Ketidaktahuan menjadikan bangsa ini mengalami kemunduran dalam nilai-nilai etika. Mudahnya, anak zaman sekarang mulai hilang tata kramanya, hilang rasa empati dan simpatinya, dan banyak lagi. Menggerakkan bangsa menjadi berkarakter kuat dan baik yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik adalah tujuan bangsa ini. Pendidikan karakter yang sudah dimiliki oleh bangsa ini, apakah sudah menjalankan tugasnya dengan benar? Sementara peran penting keberhasilan pendidikan karakter ditampuk oleh pendidik. Pendidik dianggap mampu menj
Komentar
Posting Komentar