Abstrak Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah pendidikan Islam adalah keterangan mengenai perkembangan pendidikan Islam dari waktu kewaktu, baik dari segi konsepsi maupun segi institusi operasional sejak dari zaman Nabi Muhammad SAW. Metode yang ditempuh adalah metode deskriptif, metode komparatif, dan metode analisis-sintesis. Kegunaan sejarah pendidikan Islam yang bersifat umum sebagai perbendaharaan ilmu, sekaligus juga menumbuhkan perspektif baru daam rangka relevansi pendidikan Islam. Periodesasinya terbagi menjadi tiga masa, masa klasik (650-1250 M), masa pertengahan (1250-1800 M), dan masa modern (1800-sekarang). Pembinaan pendidikan Islam terbai menjadi dua periode, periode Mekah dan periode Madinah. Pada fase Mekah, dilalui dengan menyeru serta mengajak dengan cara verbalisme (ucapan) adapun pendidikan yang diberikan ditekankan kepada pendidikan tauhid dan akhlak. Dan fase Madinah, pendidikan ukhuwah, kesejahteraan sosial, dan kesejahteraan keluarga. Dalam pertumbuhannya Islam melalui dua masa, yaitu fase Mekah dan fase Madinah. Setelah itu kemudian berkembang pada masa para khulafaur rasyidin, bani umayyah, bani abbasiyah, dan masa andalusia. Kejayaan pendidikan Islam masa umayyah ditandai dengan mulai berdirinya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti kuttab.maktab, masjid, majelis, sastra, pendidikan istana, dan sebagainya. Kejayaan pendidikan masa abbasiyah mencapai puncaknya pada kekhalifahan Harun Al-Rasyid. Hal ini ditentukan oleh dua kali, terjadi asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa-bangsa lain, dan juga karena gerakan terjemahan yang berlangsung. Pada masa andalusia, pendidikan Islam mengalami kemajuan karena adanya dua faktor, internal yaitu menggunakan Islam sebagai doktrin, eksternal yaitu karena kekuasaan pendidikan, kompetisi yang positif berpengaruh,toleransi dan stabilitas nasional. Masa kemunduran pendidikan Islam terjadi pada abad XIII, penyebabnya adalah para pemikir ilmu pengetahuan yang terlibat dalam urusan pemerintahan, terjadi banyak pemberontakan, dan kehancuran kota Baghdad dan Granada serta kemunduran umat Islam yang dalam bidang intelektual. Kemudian masa pembaharuan berawal dari penjajahan yang dilakukan bangsa Barat. Lalu dimulai dengan pembaharuan sosial politik berkmebang lagi pembaruan pendidikan. Madrasah sebagai lembaga formal pendidikan dari tingkat dasar hingga tingkat atas, sudah ada sejak masa awal Nabi mengajarkan agama kepada umatnya. Ibnu Sina atau Avicenna, mendalami hampir dari semua ilmu pengetahuan, seperti filsafat, kedokteran, astronomi, sekaligus ilmuwan. Al-Kindi, seorang ilmuwan muslim lain yang ternama berkat karyanya yang ternama terjemahan dari naskah-naskah filsafat Kuno Yunani-Romawi, kemudian digunakan sebagai sumber peradaban pendidikan filsafat klasik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Peradaban Islam (Makalah) Masa Rasulullah Saw.

Resume Buku : Guru Berkarakter Guru Profesional Masa Depan - Cucu Suryanto