Ilmu Pendidikan (Ringkasan) - Belajar dan Pembelajaran
Belajar dan
Pembelajaran
- Menurut Bruner, Belajar adalah suatu
proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru diluar
informasi yang diberikan kepada dirinya.
- Sementara pembelajaran adalah siswa
belajar melalui keterlibatan aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip
dalam memecahkan masalah dan guru berfungsi sebagai motivator.
A. Model-model
Pembelajaran
- Pemilihan model pembelajaran disesuaikan
dengan jenis materi, karakteristik , situasi, dan kondisi tempat
pembelajaran berlangsung. Diperlukan kreatifitas guru dalam memilih model
pembelajaran yang ada agar dapat membangkit siswa untuk belajar.
- Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan model
pembelajaran :
•
Tujuan
pembelajaran
•
Peserta
didik
•
Guru
•
Fasilitas
•
Situasi
B. Contoh
model-model Pembelajaran
- Model Pembelajaran Jigsaw
Dikembangkan
oleh Aronson, Blaney, Stephen, Sikes & Snapp pada tahun 1978,
langkah-langkahnya sebagai berikut :
-
Siswa
dibagi beberapa kelompok
-
Masing-masing
siswa diberikan satu tema berbeda
-
Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari sub bab yang sama bertemu dalam
kelompok baru untuk mendiskusikan sub bab mereka
-
Setelah
selesai kembali ke kelompok asal dan mengajar teman satu tim mereka
-
Tiap
tim mempresentasikan hasil diskusi
-
Guru
memberi evaluasi
-
Penutup.
2. Model Pembelajaran Mind Maping
Langkah-langkahnya adalah sebagai
berikut :
-
Guru
menyampaikan indikator hasil belajar
-
Guru
mengungkapkan konsep yang akan ditanggapi oleh siswa
-
Bentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang
-
Tiap
kelompok mencatat alternative jawaban hasil diskusi
-
Tiap
kelompok membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan serta
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
-
Dari
data dipapan tulis, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberikan
bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
3. Model Pembelajaran Pikir Bareng
dan Berbagi (Think Pair and Share) oleh Frank Lywan 1985, langkah-langkahnya
adalah sebagi berikut :
- Guru menyampaikan inti materi dan
kompetensi
- Siswa diminta berpikir tentang materi/permasalahan
yang disampaikan guru
- Siswa diminta berpasangan (1 kelompok =
dua orang)
- Guru memimpin diskusi, tiap kelompok
mengemukakan hasil
- Guru memberikan kesimpulan
- Penutup.
4. Model Pembelajaran Picture and
Picture
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
- Guru menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukan gambar-gambar yang
berkaitan dengan materi
- Guru meminta peserta didik untuk
mengurutkan gambar-gambar tersebut menjadi urutan logis
- Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar kepada peserta didik
- Dari alasan tersebut guru menanamkan
konsep sesuai kompetensi
- Kesimpulan.
5. Model Pembelajaran Tutor Sebaya
dalam Kelompok Kecil
Langkah-langkahnya adalah :
- Pilih materi dan bagi menjadi sub-materi
- Guru membentuk kelompok sesuai jumlah
sub-materi
- Tiap kelompok mempelajari materi dengan
salah satu temannya sebagai tutor
- Setiap kelompok melalui wakilnya
menyampaikan sub-materi sesuai dengan tugas yang telah diberikan
- Kesimpulan.
Referensi
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Jakarta Rineka Cipta. 2006
Saminanto. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang. RaSAIL Media Group. 2010
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Jakarta Rineka Cipta. 2006
Saminanto. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang. RaSAIL Media Group. 2010
Komentar
Posting Komentar